AKUNTANSI BAGI UKM

Bagi Perusahaan UKM berlaku Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP).  SAK ETAP ini berlaku secara efektif sejak tanggal 1 Januari 2011.

Tahun pajak 2011 adalah tahun pajak pertama kali bagi mayoritas Wajib Pajak untuk membuat Laporan Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).
Mayoritas Wajib Pajak di Indonesia adalah entitas yang masuk dalam kategori SAK ETAP ini.

Entitas yang memenuhi persyaratan untuk menerapkan SAK ETAP, harus membuat Laporan Keuangan sebagaimana disyaratkan oleh par 3.12 SAK ETAP yaitu:

1. Neraca
2. Laporan Laba Rugi
3. Laporan Perubahan Ekuitas yang juga menunjukkan:
(i) Seluruh perubahan dalam ekuitas, atau
(ii) Perubahan ekuitas selain perubahan yang timbul dari transaksi dengan pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik;
4. Laporan Arus Kas
5. Catatan atas Laporan Keuangan, berisi ringkasan kebijakan akuntansi yang signifikan dan informasi penjelasan lainnya.

Penyusunan laporan keuangan, selain berguna untuk pengambilan keputusan pengusaha UKM, juga untuk pihak-pihak ketiga seperti Bank, Kantor Pajak, Mitra Usaha dan lain-lain.
Informasi keuangan lain yang dibutuhkan pengusaha UKM adalah rekap penjualan, daftar tagihan ke pelanggan, daftar hutang ke supplier, data persediaan barang dan data-data pembukuan (jurnal dan buku besar/GL).

Untuk memenuhi kebutuhan di atas dan dalam rangka menjaga harta milik perusahaan, maka pengusaha UKM membutuhkan suatu sistem akuntansi yang terintegrasi agar cepat dan mudah melakukan pengawasan harta tanpa kehilangan waktu untuk fokus meningkatkan penjualan.

SOFTWARE AKUNTANSI
Keputusan tepat yang harus dilakukan oleh pengusaha UKM adalah menggunakan software akuntansi yang telah menyediakan fungsi kasir, fungsi penjualan, fungsi pembelian, fungsi gudang, fungsi pembukuan dan fungsi perpajakan. Software akuntansi lengkap yang dapat diperoleh dengan harga murah di pasaran adalah Accurate Accounting yang dirilis oleh CPSSoft International.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s