Pelatihan Pertama di Indonesia: Pembuatan SPT Pajak Menggunakan Fitur Pajak Yang Terintegrasi Dalam Software Akuntansi dan Telah Sesuai Dengan Peraturan Pajak Terkini 2013

12 10 2013

Untuk pertama kali dilaksanakan pelatihan pembuatan SPT Pajak dengan menggunakan fitur pajak yang terintegrasi dalam software akuntansi tanpa melakukan input lagi ( 2 kali kerja), dan telah sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia, antara lain: sudah menggunakan sistim penomoran faktur pajak baru yang sudah berlaku mulai Juli 2013, data faktur pajak diekspor langsung ke aplikasi eSPT Pajak PPN 1111 yang sudah diwajibkan untuk digunakan mulai Juni 2013, formulir SPT Tahunan 1771 yang telah sesuai dengan ketentuan, dan sebagainya.

Bagi perusahaan-perusahaan, fitur pajak seperti ini sangat dibutuhkan dan merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh staf akuntansi.

Keunggulan fitur Accurate ini merupakan keunggulan kompetitif dan tidak dimiliki oleh software-software  akuntansi lainnya (tidak update pajak, kerja input 2 kali, formulir SPT menggunakan excel padahal sudah wajib eSPT Dirjen Pajak).

Pelatihan dengan judul “Accurate Fitur Pajak untuk SMK/SMA Partner Edukasi CPSSoft” dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2013, jam : 08.00 s.d. 15.00 WIB bertempat di SMK YPKK 1, Mejingwetan, Ambarketawang, Gamping Sleman, Jogjakarta.

Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari guru akuntansi SMK Jogjakarta, Surakarta, Cilacap, Jakarta, Bandung, Pontianak dan Lampung. Pelatihan juga diikuti oleh 1 orang dari perusahaan di Solo dan Dosen Akademi Akuntansi (AA) YKPN Jogjakarta.

Materi pelatihan meliputi:

  1. Praktik pembuatan SPT Masa PPN 1111 menggunakan fitur pajak Accurate Accounting Software, Ekspor faktur pajak langsung dari Accurate ke aplikasi SPT Elektronik (eSPT) Masa PPN, dan Praktik menggunakan apllikasi SPT Elektronik (eSPT) Masa PPN Dirjen Pajak versi 1.5
  2. Praktik pembuatan SPT Tahunan Badan 1771 menggunakan fitur pajak Accurate sampai dengan pencetakan SPT Tahunan 1771.

Tim instruktur terdiri dari:

1. Irsan Lubis, SE., Ak., BKP

2. Suryani, SE., CAP

Pelatihan ini tidak dipungut biaya dan sepenuhnya dibiayai oleh Accurate (CPSSoft) sebagai bukti komitmen kepada sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dengan Accurate selama ini.

Semula dikira dalam waktu 1 hari tidak cukup dan terlalu berat bagi guru-guru, namun ternyata sebelum waktu pelatihan berakhir, semua materi selesai diajarkan dan hasil praktik guru sama seperti hasil yang ada dalam modul pelatihan. Hal ini menunjukkan semangat luar biasa dari rekan-rekan guru untuk mengikuti pelatihan yang langka ini.

Hal-hal luar biasa lainnya dari guru-guru adalah perjuangan untuk datang ke Jogja dengan menggunakan kereta api malam dan pagi langsung mengikuti pelatihan satu hari. Luar biasa dan VIVA Guru Akuntansi SMK.

Foto kegiatan:

1

3

5


Aksi

Information