Perbedaan Jurnal Retur Pembelian Accurate vs Soal UKK 2013

15 03 2013

Perbedaan pengakuan harga pokok retur pembelian antara jurnal yang dibuat Accurate dengan jurnal soal mengelola buku besar UKK 2013 (paket FIFO) terjadi karena harga beli barang berbeda-beda dalam satu periode.

SAK ETAP dan PSAK tidak mengatur secara jelas mengenai pencatatan harga pokok retur pembelian atau retur penjualan, namun hanya menyebutkan pentingnya prinsip taat azas (konsistensi) dalam menyajikan informasi keuangan.

Dalam buku Intermediate Accounting Edisi 8 karangan Zaki Baridwan pada halaman 160 disebutkan bahwa:
Dalam metode Perpetual FIFO, Apabila terjadi barang-barang dikembalikan baik pada waktu membeli atau menjual, maka harga pokok yang dibebankan adalah yang masuk paling dahulu sehingga konsisten, karena pembebanan berikutnya adalah harga pokok yang masuk paling dahulu. Penggunaan harga pokok atas dasar FIFO ini mengakibatkan berkurangnya persediaan yang dicatat dalam akun selisih persediaan (kelompok harga pokok penjualan/COGS).

Dalam buku Akuntansi Suatu Pengantar Edisi 5 karangan Soemarso SR pada halaman 386 disebutkan bahwa:
Kesulitan dalam menetapkan harga pokok persediaan adalah apabila selama suatu periode, barang yang sama diperoleh dengan beberapa harga yang berbeda. Apabila demikian, perlu ditentukan harga yang akan digunakan untuk menetapkan harga pokok persediaan.

Dalam buku Akuntansi Suatu Pengantar Edisi 5 karangan Soemarso SR pada halaman 408-409 disebutkan bahwa:
Pengurangan dalan kartu stok, pada umumnya, berasal dari penjualan barang dagang. Pengurangan dapat juga terjadi karena retur pembelian. Dasar untuk mencatat pengurangan dalam kartu stok, yang berarti pengeluaran barang dari gudang, ………………………., Harga pokok/unit mana yang dipakai untuk pengeluaran barang tergantung pada metode penetapan harga pokok yang digunakan.

Kesimpulan:
Penggunaan harga pokok retur pembelian dalam metode FIFO adalah harga pokok barang yang pertama dalam saldo kartu stok, bukan menggunakan harga beli/pokok dari transaksi pembelian. Apabila ada selisih antara harga pokok kartu dan harga beli barang, maka selisih tersebut dicatat dalam akun Selisih Persediaan (COGS).
Jurnal yang benar adalah jurnal yang dibuat Accurate, sedangkan jurnal retur pembelian dalam soal buku besar UKK ada kesalahan.

Penjelasan lengkap & contoh dapat download di sini Penjelasan

Semoga bermanfaat.


Aksi

Information