Apakah menguasai MYOB harus memiliki sertifikasi MYOB ?

8 12 2011

Pertanyaan mendasar, apakah untuk menguasai MYOB perlu memiliki sertifikasi MYOB atau tidak ?

Jawabannya tentu saja TIDAK. Karena MYOB hanya sebuah software sederhana yang dapat dipelajari dan dikuasai oleh siapapun.

Seperti halnya Akuntansi, banyak praktisi perusahaan, dosen dan guru yang mengajar akuntansi namun TIDAK memiliki gelar Akuntan (Akt); sebuah gelar bagi orang yang telah lulus Ujian Negara Akuntan (UNA) atau Pendidikan 4 semester (PPAk).

Demikian juga Pajak, banyak pegawai kantor pajak dan praktisi pajak perusahaan bekerja di bidang pajak namun TIDAK memiliki gelar Berijazah Konsultan Pajak (BKP); sebuah gelar bagi orang yang telah lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

Apalagi hanya untuk sebuah software akuntansi yang sangat sederhana seperti MYOB, yang notabenenya hanya merupakan salah satu aplikasi Sistim Informasi Akuntansi (SIA). Untuk diketahui, SIA merupakan salah satu bidang ilmu dalam Akuntansi.

Pemegang sertifikasi konsultan MYOB perlu memiliki gelar Akuntan dan Konsultan Pajak.

Untuk menjadi pemikiran di masa mendatang bagi para developer dan distributor software akuntansi di Indonesia agar salah satu syarat pemegang sertifikasi konsultan software perlu bergelar akuntan dan berijazah konsultan pajak terlebih dahulu. Karena untuk menguasai software akuntansi harus menguasai akuntansi dan pajak terlebih dahulu, yaitu orang yang telah lulus Ujian Negara akuntan dan Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak.

Dikhawatirkan dengan hanya memiliki ilmu akuntansi dan pajak sekedarnya bisa menjadi konsultan software akuntansi, misalkan hanya tamatan fakultas ekonomi yang nilainya pas-pasan, atau hanya bekerja sebagai staf pembukuan atau pajak di perusahaan yang tidak auditable, atau instruktur / pengajar yang sedari tamat terpaksa mengajar MYOB untuk pekerjaan, dan sebagainya. Hal ini kami ketahui karena sepuluh tahun lalu kami pernah memiliki pengalaman merekrut dan mengkoordinir instruktur-instruktur untuk mengajar software akunting di sebuah Lembaga Pendidikan terkenal di Jakarta pada saat itu.

Kenapa penting gelar akuntan dan konsultan pajak bagi pemegang sertifikasi konsultan MYOB ?

1. Apabila anda ingin memiliki klien/user yang loyal, zaman sekarang anda tidak bisa hanya menjual produk saja. Namun juga memberikan advis kepada klien meiiputi aspek sistim informasi akuntansi, perlakuan akuntansi dan ketentuan pajak yang sangat dibutuhkan klien/user. Klien anda sangat membutuhkan keterpaduan software akunting, standar akuntansi dan ketentuan perpajakan yang berlaku. Hal ini karena di dalam internal perusahaan sangat sedikit orang yang memiliki pengetahuan terpadu mengenai software, akuntansi dan pajak sekaligus. Jadi sebelum menjual produk, anda harus menguasai kebutuhan operasional klien. Tidak zaman lagi menjual produk dengan sekedar menyampaikan kelebihan dan keunggulan produk menurut versi kita penjual serta mengajarkan cara menggunakan produk kita.

2. Penting anda ketahui bahwa produk yang anda jual adalah software akunting yang berlaku umum. Dimana software dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan akuntansi perusahaan secara umum dan bukan tailormade. Jadi anda memerlukan orang yang dapat memberikan advis mengenai akuntansi dan pajak kepada klien/user haruslah teruji keilmuannya. Jangan sampai pemegang sertifikasi konsultan anda tidak menguasai akuntansi dan pajak ketika bertemu dengan klien/user.

3. Masukan-masukan dari klien/user untuk upgrade software berikutnya juga harus diterima dan ditanggapi oleh orang yang memiliki kompetensi dalam bidang akuntansi dan pajak untuk mengimbangi diskusi yang membangun dengan klien/user.

4. Menurut pengamatan kami, banyak pemegang sertifikasi konsultan software akunting yang tidak qualified dalam pengetahuan akuntansi dan pajak, sehingga cenderung hanya memaparkan aspek tehnis software, menjual kelebihan dan cara menggunakan produk saja. Cara seperti ini hanya bersifat jangka pendek karena menimbulkan kekecewaan klien/user setelah membeli produk.

Tulisan lebih lengkap dan Summary Profile penulis dapat dibaca pada file pdf
Tanggapan: MYOB sesuai dengan IFRS ?


Aksi

Information