Pelatihan Komputer Akuntansi & Perpajakan Bagi UKM menjadi Auditable & Bankable

25 04 2012

PENDAHULUAN
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) membutuhkan keterampilan pembukuan dan akuntansi yang mudah aplikasinya guna membuat laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) ETAP 2011 dan keterampilan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan Undang-undang Perpajakan (KUP, PPh dan PPN), serta keterampilan menyusun proposal bisnis.
Selama ini banyak UKM tidak mampu mengakses pembiayaan dari perbankan karena mereka tidak auditable dan bankable. Dengan kata lain mereka tidak mampu memenuhi persyaratan perbankan untuk mendapatkan pinjaman. Selain persyaratan laporan keuangan yang standar, juga pentingnya persyaratan pemenuhan kewajiban perpajakan sesuai dengan Peraturan Perpajakan yang berlaku. Disamping itu pengusaha tidak memiliki kemampuan menyusun proposal bisnis yang representatif dan memenuhi syarat kelayakan usaha.
Dalam praktik kekinian, proses pencatatan akuntansi dan pelaporan pajak UKM tidak perlu dilakukan secara manual, namun sudah menggunakan program komputerisasi yang sangat mudah aplikasinya, efisien dan biaya murah.

KEUNGGULAN PELATIHAN
► Instruktur pelatihan telah berpengalaman dalam bidang keuangan, akuntansi dan perpajakan
► Materi pelatihan up to date sesuai dengan Standar Akuntansi dan Peraturan Perpajakan terkini
► Waktu pelatihan yang singkat tidak menyita banyak waktu pengusaha yang ingin belajar
► Praktik langsung komputerisasi menggunakan laptop/netbook masing-masing
► Pelatihan didasarkan pengetahuan praktis dan mudah diaplikasikan bagi UKM
► Dilengkapi dengan banyak latihan dan contoh kasus yang memudahkan peserta
► Berkonsultasi langsung mengenai aspek pemasaran, keuangan dan perpajakan dengan ahlinya
► Biaya pelatihan sangat terjangkau, sudah termasuk training kit, makan siang & snack serta sertifikat

MATERI PELATIHAN 4 HARI

HARI PERTAMA : 08.00 – 15.00
Panduan Akuntansi bagi UKM menurut SAK ETAP dan Perpajakan:
► Siklus akuntansi bagi UKM
► Jenis-jenis dan penyajian Laporan Keuangan menurut SAK dan Pajak
► Cara membuat daftar akun (chart of account) yang sederhana
► Metode persediaan dan penentuan harga pokok yang diperkenankan SAK dan Pajak
► Pencatatan aset tetap dan metode penyusutan yang diperkenankan SAK dan Pajak
► Kewajiban menyimpan dokumen menurut Pajak
► Penyusunan Laporan Arus Kas yang diperkenankan SAK
Praktik Komputer Akuntansi Accurate:
► Cara install program Accurate
► Basic setup
► Entri transaksi pembelian bahan baku
► Entri biaya pokok produksi
► Entri transaksi pembelian barang dagangan
► Entri transaksi penjualan barang dagangan dan cetak faktur pajak
► Entri transaksi pembayaran utang usaha
► Entri transaksi pembayaran cicilan pinjaman
► Entri transaksi pembayaran biaya operasional
► Entri transaksi pembelian aktiva tetap
► Entri transaksi penerimaan piutang usaha
► Entri transaksi penerimaan pinjaman dll
► Entri penyesuaian akhir periode
► Cetak laporan keuangan
► Cetak laporan produksi
► Cetak laporan pajak
► Proses Backup dan Restore Data

HARI KEDUA : 08 – 15.00
Panduan Perpajakan bagi UKM sesuai dengan Paket Undang-undang Perpajakan, meliputi Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan (KUP), Pajak Penghasilan (PPh), dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
► Pendaftaran NPWP
► Jenis Laporan SPT Pajak bagi UKM
► Tarif dan Objek Pajak bagi UKM
► Batas waktu penyetoran dan penyerahan laporan SPT Pajak
► Bukti Pemotongan PPh Pasal 21, 23 dan Final
► Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan Penerbitan Faktur Pajak
► Fasilitas dan kemudahan Perpajakan bagi UKM
► Daftar Barang dan Jasa dibebaskan dari pengenaan PPN
► Pengurusan Surat Keterangan Bebas (SKB) Pajak Penghasilan (PPh)
► Restitusi Pajak dan Pemeriksaan Pajak

Praktik Komputer SPT Pajak Elektronik (eSPT) Masa Bulanan :
► Cara Install program eSPT Pajak
► Membuat Database Multi NPWP
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Masa PPN 1111 DM
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Masa PPh Pasal 21 atas gaji dan honor
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Masa PPh Pasal 23 atas jasa
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Masa PPh Pasal 4 ayat 2 atas sewa tanah/bangunan, jasa konstruksi
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Masa PPh Pasal 25 angsuran pajak

HARI KETIGA: 08 – 15.00
Praktik Komputer SPT Pajak Elektronik (eSPT) Tahunan :
► Laporan Keuangan Komersial dan Daftar Aset Tetap dan Penyusutan
► Membuat rekonsiliasi fiscal dan Laporan Keuangan fiskal
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Tahunan Orang Pribadi 1770 Menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto (NPPN)
► Praktik SPT Pajak Elektronik (eSPT) Tahunan Orang Pribadi 1770 Menggunakan Pembukuan
► Cara pelaporan eSPT ke kantor pajak

HARI KEEMPAT: 08 – 15.00
Praktik Menyusun Proposal Bisnis :
► Executive Summary
► General & Organization
► Marketing Aspec
► Technical Aspec
► Financial Aspec
► Ratio Analysis dan Break Even Point Analysis
► Social Economies Aspec

FASILITAS PELATIHAN
► Ruangan nyaman dan ber-AC
► Modul pelatihan akuntansi, modul pelatihan perpajakan dan contoh Proposal Bisnis
► Lembar latihan dan contoh kasus
► CD Program Accurate Accounting , eSPT Pajak Masa dan eSPT Pajak Tahunan
► Makan siang dan Snack
► Sertifikat

PERSYARATAN PESERTA
► Mengisi form pendaftaran dengan mendownload di website http://www.stapiindonesia.wordpress.com
► Membayar biaya pelatihan sebesar Rp 4.000.000,- per peserta, untuk peserta yang mendaftar kolektif akan mendapatkan diskon khusus

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN
► Pelatihan dilaksanakan selama 4 (empat) hari, setiap hari Sabtu pukul 08.00 – 15.00 bertempat di Hotel (menyusul)

TIM INSTRUKTUR
► Akuntan
► Konsultan
► Pegawai Pajak
► Pegawai Bank

KONTAK KAMI
STAPI INDONESIA
Training – Consulting – Publishing
Jalan Raden Saleh, Komplek Palem Ganda Asri Blok B10 Nomor 3
Karang Tengah, Kota Tangerang
Telp: (021) 33269500, 7300906
Fax: (021) 7300906
Email: stapiindonesia@gmail.com
Homepage: http://www.stapiindonesia.wordpress.com

http://www.puspajakindonesia.wordpress.com

Biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk permintaan In House Training dapat juga disesuaikan kebutuhan peserta dan materi pelatihan.

KERJASAMA
Kami membuka kerjasama pelatihan dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten, dan Dinas Kota serta Kampus-kampus Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dengan spesifikasi khusus sesuai dengan pembicaraan.

…………….

 

JASA BISNIS UKM (UKM CENTER)

Kunjungi halaman Jasa Bisnis UKM (UKM Center) dengan klik DISINI.

Anda akan memperoleh beberapa informasi dan pelayanan sebagai berikut:

  • Kami memberikan jasa konsultasi melalui email (tidak dipungut biaya)  kepada Pengusaha UKM agar menjadi perusahaan yang memiliki tata kelola yang baik dan profesional.
  • Kami juga menyediakan materi berkaitan UKM dapat didownload free.
  • Kami menawarkan program UKM Indonesia Go Global
  • Dan sebagainya
About these ads

Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: